Fungsi Jaringan

Pada dasarnya fungsi  jaringan komputer ada yang sebagai client server. Client server adalah jaringan komputer yang salah satu komputer di dalam jaringan tersebut di dedikasikan sebagai server atau induk dari komputer  lain, yang melayani atau memberikan layanan kepada komputer lain sebagai client. Layanan  yang dimaksud yaitu bisa berupa layanan web, layanan mail, layanan file, dan layanan  yang lainnya.  Sedangkan Peer to Peer adalah jaringan komputer dimana komputer yang terhubung bisa menjadi server sekaligus sebagai client. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 3 komputer yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya.

Pengertian Topologi Jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang di bangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan.

Berbagai jenis Topologi Jaringan antara lain :

  1. Topologi Bus
Pengertian topologi bus adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing-masing komputer terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kabel harus di akhiri dengan satu terminator.

  1. Topologi Bintang
Pengertian topologi bintang atau lebih sering disebut dengan topologi star. Topologi ini sudah menggunakan bantuan alat untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll. Pada gambar jelas terlihat satu hub berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan.

  1. Topologi Cincin
Pengertian topologi cincin atau lebih sering disebut dengan topologi ring adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan arti lainan setiap komputer yang akan terhubung ke dalam 1 jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

  1. Topologi Mesh
Pengertian topologi mesh atau topologi jala adalah sejenis topologi jaringan yang menerapkan hubungan antarsentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan ini adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.

  1. Topologi Pohon
Pengertian topologi pohon atau topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat.




Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Berdasarkan distribusi sumber data
    • Jaringan Terpusat
Jaringan Terpusat terdiri dari komputer client dan server dimana komputer client berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber data yang berasal dari satu komputer server.
    • Jaringan Terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan jangkauan geografis dibedakan menjadi:
    • Jaringan LAN
merupakan jaringan penghubungkan 2 komputer  atau lebih dalam 1 lingkungan  seperti laboratorium, kantor, 1 ruang kelas serta dalam 1 warnet.

    • Jaringan MAN
Jaringan yang mencakup 1 kota besar beserta daerah setempat. Seperti  jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.
    • Jaringan WAN
Jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Seperti jaringan PT Telkom, PT. Indosat,  serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel, dan lain-lain.
  1. Berdasarkan peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data.
    • Jaringan Client-Server
Jaringan ini terdapat 1 atau lebih komputer server dan komputer client. Komputer akan menjadi komputer server maupun komputer client dan ubah melalui software jaringan pada protokol. Komputer client sebagai perantara untuk mengakses data pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi yang diperlukan oleh komputer client.
    • Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server.
  1. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Jaringan ini, untuk menghubungkan 1 komputer dengan komputer lain yang diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan ini berfungsi  mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Jaringan medium berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk penghubung antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peripheral Jaringan Komputer

3. Ikhtiar Kami

2. Kami Diberikan Ujian