Manfaat Komputer Jaringan

MANFAAT JARINGAN KOMPUTER


Dengan menggunakan jaringan komputer banyak manfaat yang diperoleh, diantaranya yaitu :




- Resource sharing , dapat menggunakan sumberdaya secara bersama-sama. Misalnya dapat melakukan tukar-menukar data secara cepat walau jarak jauh sekalipun.


- Reliabilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber alternatif persediaan. Misalnya mengcopy data dari 1 komputer ke komputer lain atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan. Sehingga bila 1 mesin rusak maka copyan data di mesin lain bisa digunakan, memudahkan dalam menggunakan perangkat hardware secara bersama-sama.


- Menghemat uang, Komputer ukuran kecil mempunyai rasio harga atau kinerja lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer ukuran besar seperti mainframe memiliki kecepatan kira-kira 10 kali lebih kecepatan dari komputer ukuran kecil. Tetapi harga mainframe 1000 kali lebih mahal dari komputer Pribadi. Ke tidak seimbanggan rasio Harga atau Kinerja ini membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer–komputer Pribadi.


- Cepat dan Efisien
Jaringan komputer memungkinkan untuk proses pengiriman data langsung dengan cepat dan efisien.
Misal: mengirim surat tidak perlu lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup menggunakan email(surat elektronik) yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.


- Real Time
Jaringan komputer memudahkan seorang berkomunikasi dengan orang lain dan berkomunikasi melalui pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peripheral Jaringan Komputer

3. Ikhtiar Kami

2. Kami Diberikan Ujian